Kamis, 26 September 2013

KOMJEN.POL.SUTARMAN CALON TUNGGAL KAPOLRI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menetapkan calon Kepala Polri untuk menggantikan Jenderal (Pol) Timur Pradopo. Sekretariat Negara akan menyampaikan nama calon Kapolri kepada Dewan Perwakilan Rakyat, Jumat (27/9/2013).
"Nanti Pak Menteri Sekretaris Negara (Sudi Silalahi) akan menyampaikan ke DPR pengganti Timur," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.
Julian enggan menyebut berapa nama yang diajukan ke DPR. Julian juga tak mau menyebut identitas. Hanya, ia memastikan nama yang diajukan sudah sesuai aturan dalam Undang-Undang Kepolisian.
Julian menambahkan, penetapan calon yang diajukan sudah mempertimbangkan usulan dari Komisi Kepolisian Nasional dan Timur.

"Nanti calon Kapolri yang baru masih memiliki masa pensiun di usia 58 tahun ke depan," kata dia.
Seperti diketahui, setelah diserahkan ke DPR, nama usulan Kapolri dari Presiden akan diteruskan ke Komisi III. Nantinya, Komisi III akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan.
Sebenarnya, Timur baru akan pensiun pada Januari 2014. Hanya, Presiden pernah menyatakan pergantian Kapolri perlu dipercepat agar pejabat baru bisa persiapkan pengamanan Pemilu 2014. Sumber Lentera.Com yang layak dipercaya menyebutkan Presiden SBY telah menetapkan satu nama calon Kapolri untuk diajukan ke ke DPR RI yakni Komjen.Pol. Sutarman, yang sekarang menjabat Kabareskrim Mabes Polri. Sutarman yang kini berusia 56 tahun menjabat Kabareskrim Mabes Polri sejak 6 Juli 2011. Ketika itu ia ditunjuk menjadi Kabareskrim menggantikan Komjen Pol Ito Sumardi Ds yang pensiun. Sutarman yang kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah, 5 Oktober 1957 itu pernah menduduki berbagai posisi penting diantaranya adalah Ajudan Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 2000, kemudian pada tahun 2004 pernah menduduki jabatan Kapolwiltabes Surabaya, lalu Kapolda kepulauan Riau, Kaselapa Lemdiklat Polri, Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Metro Jaya.

Sumber: KOMPAS.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar