Senin, 23 September 2013

(Catatan Ringan): LIMA JENIS MAKANAN PEMBANGKIT DAYA INGAT

(BAIK BAGI YANG MUDA DAN TERUTAMA BAGI YANG BERUSIA LANJUT)

Semakin bertambah tua usia seseorang maka akan semakin lemah daya ingat yang dimilikinya. Benar atau tidak ungkapan tersebut namun itulah kenyataanya. Penyebab lain yang dapat menjadikan daya ingat menurun yaitu stress, banyak masalah, galau dan kurang tidur. Otak jarang dipakai berfikir juga salah satu penyebab menurunnya daya ingat seseorang.
  Maka sudah seharusnya kita menjaga daya ingat agar tetap tajam dan stabil. Nah, belajar kreatif kali ini akan bagikan cara untuk membangkitkan daya ingat dengan makanan pembangkit daya ingat.

1. Telur 
Telur merupakan bahan makanan penghasil kolin. Kolin merupakan unsur penting dalam pembentukan asetilkolin. Sementara itu, asetilkolin sendiri adalah neurotransmitter yang membantu dalam peningkatan memori.

2. Ikan
Ikan adalah Makanan yang dapat membangkitkan daya ingat lainya yaitu ikan. Ikan sardin, salmon, dan ikan berminyak lainnya kaya akan DHA, jenis asam lemak Omega 3 yang berperan penting mengoptimalkan kinerja otak dan memori. Dengan memakan ikan-ikan tersebut tiga kali dalam seminggu atau mengonsumsi minyak ikan, akan membantu meningkatkan memori.

3.Buah Kenari
Kenari merupakan sumber asam alfalinolenat yang sangat baik, yaitu jenis lemak Omega 3 yang digunakan tubuh untuk membuat DHA yang diperlukan untuk meningkatkan memori. Selain itu, kenari juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Minyak esensial rosemary sering digunakan dalam aromaterapi karena mampu meningkatkan memori dengan mengurangi kecemasan serta menurunkan kadar kortisol.

4. Buah Beri
Buah beri mengandung anthocyanidins dan flavonoid yang tinggi. Mengkonsumsinya lebih banyak akan memperlambat tingkat kehilangan memori. Konsumsilah setengah cangkir blueberry ataucangkir stroberi setiap minggu.



5. Teh Hijau
Teh hijau alami banyak mengandung zat kimia EGCG (epigallocatechin gallate-3), yang merupakan antioksidan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Molecular Nutrition & Food Research, EGCG bermanfaat untuk memerangi penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia, termasuk meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Minumlah 3 cangkir teh hijau organik setiap hari guna mendorong kemampuan daya ingat.

(Sumber: ads) & gberita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar