Sabtu, 14 September 2013

GUNUNG SINABUNG MELETUS LAGI

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada hari Minggu dinihari sekitar Pukul 02.51 WIB meletus dan menyebabkan warga yang bermukim di sekitar kaki gunung mulai mengungsi. Mereka berupaya menghindar dari abu vulkanik yang dimuntahkan gunung tersebut.
Muhammad Yunus Sitepu, warga Desa Kutarayat, Kecamatan Namanteran, mengatakan, begitu letusan terjadi warga desa dilanda kepanikan. Abu letusan melanda desa.
"Ini kita sudah mulai mengungsi. Ribuan orang sedang mengarah menuju ke Kabanjahe," kata Yunus kepada wartawan, Minggu (15/9/2013) pagi.
Disebutkan Yunus, abu vulkanik yang bersumber dari letusan ini sudah menyelimuti rumah-rumah warga. Antara lain di Desa Kuta Rayat, Kuta Gugung, Simacem dan Bekerah di Kecamatan Naman Teran, maupun Desa Suka Meriah di Kecamatan Payung. Sejauh ini Belum ada laporan pasti tentang jumlah kerugian dan korban jiwa atas peristiwa meletusnya Gunung Sinabung tersebut. Sekitar 5460 orang pengungsi saat ini ditampung di beberapa titik pengungsian yakni, di Kantor Bupati Karo di Kaban Jahe, Aula GBKP Kaban Jahe, Mesjid Agung Kaban Jahe dan beberapa jambur yang terletak di Berastagi dan Kaban Jahe.
Gunung Sinabung merupakan gunung berapi yang dinyatakan masih aktif, terletak di koordinat puncak 3 derajat 10 menit LU, dan 98 derajat 23 menit BT dengan ketinggian 2460 M di atas permukaan laut. Gunung Sinabung pernah meletus pada Bulan Agustus 2010 dan terakhir meletus pada tanggal 7 September 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar