Rabu, 09 Oktober 2013

PENGUSAHA INDONESIA ERICK THOHIR GELONTORKAN DANA 3,9 TRILIUN UNTUK BELI 70% SAHAM INTER MILAN. PENANDATANGANAN PELEPASAN SAHAM DARI MORATTI KE ERICK THOHIR AKAN BERLANGSUNG AKHIR BULAN OKTOBER 2013 INI

MILAN — Pembicaraan lanjutan antara Presiden Inter Milan, Massimo Moratti dan Erick Thohir memasuki babak akhir. La Gazzetta dello Sport, Rabu (9/10), melaporkan penandatanganan pelepasan saham klub bakal terjadi akhir bulan ini.Dana yang dikeluarkan Erick Thohir untuk membeli 70 persen saham La Beneamata sekitar 250 juta euro atau sekitar Rp 3,9 triliun. Untuk mendapatkan dana sebesar itu, dibentuk konsorsium terdiri Erick Thohir, Roslan Roeslani, dan Handy Soetedjo.

Bocorannya, Erick Thohir bakal memiliki 35 sampai 50 persen saham Inter. Adapun, Roslan Roeslani dan Handy Soetedjo masing-masing mendapat 17 persen saham klub peraih treble winners pertama di Italia itu.

Saat ini, beredar dua dokumen sebagai opsi akuisisi saham Inter. Yang pertama adalah dokumen yang menetapkan persyaratan, waktu, dan biaya operasional sekitar 300 juta euro (Rp 4,6 triliun). Dokumen tersebut ditandangani Moratti dan tiga pengusaha yang tergabung dalam konsorsium tersebut.

Adapun, dokumen kedua adalah perjanjian pemegang saham yang dua subjek utamanya adalah mengatur adanya pedoman perusahaan baru. Sepertinya, kedatangan Erick Thohir bisa membuat susunan Direksi Inter berubah menjadi tujuh atau delapan orang.

Meski susunan petinggi Nerazzurri belum resmi dibubarkan, namun tiga posisi nantinya tetap dijabat keluarga Moratti. Namun, peluang sangat terbuka bagi Erick Thohir untuk mengubah alokasi kursi dengan menempatkan koleganya untuk duduk di kursi yang bisa mempengaruhi kebijakan klub.

Jika berhasil menguasai mayoritas saham Inter, kepemilikan klub Erick Thohir bakal bertambah. Sebelumnya, ia sudah membeli klub sepak bola Amerika Serikat (MLS) DC United dan klub bola basket NBA Philadelphia 76ers. Di tingkat lokal, ia mempunyai dua klub basket Satria Muda dan Indonesia Warriors, serta menjadi pemilik saham mayoritas klub ISL, Persib Bandung. 


(Sumber: REPUBLIKA.CO.ID)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar